Hari Ke-27 PKL: Git?

Hari ini saya berangkat PKL jam 7 pas. Sebelum itu sekitar jam 6.15 saya sarapan dulu karena mumpung ada makanan di rumah. Di sepanjang jalan tidak ada yang menarik, atau mungkin saya yang sudah terbiasa dengan itu semua. Saya sampai di kantor sekitar jam 7.30, sudah ada satu orang tim yang datang, yaitu mas chairul. Begitu datang saya langsung bersalaman dengan dia. Saya langsung duduk di sofa disamping lobby menggantikan mas Irul dan dia langsung ke dalam menuju tempat duduknya.

Saya membuka telegram, siapa tahu ada informasi penting. Setelah saya cek tidak ada informasi apapun di  telegram. Lanjut ke email, tadi malam sudah saya balas email dari pak boss, yang isinya menyuruh saya untuk membuat project buku di github saja, biar tidak kebanyakan file dari revisi-revisi yang sudah dilakukan. Saya sudah membalas bahwa saya tidak tahu tentang git, dan kalau ingin mempelajarinya takut tidak keburu waktunya. Saya menunggu balasan dari pak boss, tapi hingga pagi ini belum ada balasan darinya. 
Karena mbak Alifa dan mbak Ami sudah datang saya langsung duduk di tempat saya. Baru saja membuka laptop, saya disuruh untuk membeli aqua botol oleh mas Andes. Tak tanggung-tanggung saya disuruh untuk membeli aqua itu sampai satu dus. Untung saja tokonya dekat, tinggal menyebrang jalan sudah sampai. Langsung saja saya melakukan tugas itu. Sudah selesai tugas yang satu, saya disuruh untuk mengambil snack hari ini untuk sarapan para tim. 
Setelah itu saya kembali ke tempat duduk saya dan mulai mengecek blog saya, dari upload terakhir kemarin belum saya cek soalnya. Setelah saya cek, dan tidak ada apa-apa, saya langsung buka browser dan langsung mencari tahu bagaimana cara menggunakan git. Pertama saya membuka website resmi dari github, yaitu www.github.com, saya sudah pernah membuat akun di situ, tapi saya lupa passwordnya. Saya coba untuk mereset passwordnya, dan ternyata bisa, jadi saya langsung masuk dan mencoba untuk membuat repository pertama saya. Saya tidak tahu itu salah atau benar, tapi di situ juga ada github versi desktop, langsung saja saya download dan saya install.
Selesai menginstal saya langsung membuat folder di laptop saya yang nantinya akan menjadi sumber repository githubnya, saya coba mengcopy file project saya ke dalam file itu dan ternyata berhasil, file yang tadi saya copy muncul di github desktopnya. Tapi belum muncul di repositorynya, lalu saya utak-atik lagi di git desktopnya, dan akhirnya muncul juga di website githubnya. Saya tidak tahu cara ini benar atau salah, tapi yang penting sudah muncul di webnya😅.
Kemudian saya membuka file yang sudah saya yang sudah saya masukkan github tadi, dan mulai melanjutkan menulis. Saya mencari referensi lagi untuk menulis, kali ini saya membuka ansible documentation yang bagian instalasi karena materi saya sudah sampai instalasi. Saya menulis tidak ada kendala, kendalanya hanya pikiran saya yang terlalu lemot untuk memikirkan kata-kata yang pas agar menjadi lebih banyak. 
Saya menulis sampai waktu istirahat datang, tapi tidak full menulis, sesekali juga istirahat karena rasanya di bagian pundak itu pegal, mungkin karena salah posisi atau gimana. Saya hari pas waktu istirahat bingung mau makan apa, saya coba cari makanan di sepanjang jalan memakai motor. Tapi setelah hampir 1 km atau bahkan lebih saya tidak menemukan makanan yang cocok. akhirnya saya putar balik dan hanya makan di warteg langganan saya saja. Setelah selesai makan saya langsung kembali ke kantor dan duduk istirahat sambil bermain HP. 
Setelah jam istirahat selesai, duduk di tempat saya. Tidak lama duduk ada telegram masuk dari mbak Ami, saya disuruh untuk menempelkan materai. Tugas biasa, langsung saya kerjakan tugas itu. Tidak lama mengerjakannya, mungkin sekitar 30 menitan. Setelah selesai saya disuruh untuk memberikan dokumen tersebut ke Boski, hahh, siapa itu Bosski. Yang dipikiran saya waktu itu Bosski adalah pak Marsan, tapi saya takut salah dan memastikannya ke mbak Ami. Setelah memang benar kalau Bosski itu pak Marsan, saya langsung memberikan dokumen itu kepadanya.
Tugas dari mbak Ami selesai, saya langsung melanjutkan menulis project saya yang tadi, kali ini saya mau menambahkan gambar sesuai dengan apa yang sudah saya tulis tadi, sambil sesekali menambahkan yang kira-kira kurang dari tulisan itu. Saya mengerjakannya sampai jam setengah tiga sore. Sebenarnya terlambat 30 menit dari jadwal saya untuk menulis artikel harian, saya pun segera menulis dan agak mempercepat penulisan.
Pada saat penulisan, ketika training selesai, sekitar jam setengah 4, saya disuruh untuk membantu membersihkan ruangan atas, yang baru saja selesai dipakai training. Segera saya membersihkannya bersama Bayu, tidak membutuhkan waktu yang lama karena kami membagi tugas. 
Setelah selesai membersihkan, saya langsung melanjutkan menulis artikel harian yang baru setengah jadi tersebut.Kurang lebih jam 4.25 saya selesai menulis blog dan langsung mempublishnya. 
Setelah semua selesai, saya beres-beres, dan langsung berpamitan kepada seluruh tim untuk pulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *