Hari ke-12 PKL: Jadi Gini Rasanya Banjir

Dimulai dengan sangat mengantuk, lalu mandi, dan sampai di jalan macet akibat ada jalanan yang tergenang air alias banjir. Hari ini Selasa, 21 Januari 2020 merupakan hari ke-12 saya PKL di Excellent. Saya tidak menyangka bahwa dijalan sampai banjir, padahal semalam tidak hujan setahu saya, tapi mungkin akibat tidur saya terlalu pulas sampai tidak sadar bahwa diluar sedang hujan.

Berangkat jam 6.45 saya agak sedikit santai, sampai akhirnya tiba di jalan raya, jalannya agak sedikit basah dan kendaraan lumayan padat. Tidak sampai macet, hanya di beberapa spot tertentu saja, ramai lancar kalau kata reporter TV. Jalanan macet mungkin akibat dari jalanan yang tergenang. Yang parah malah  dari arah sebaliknya, jalanan yang tergenang lumayan panjang dan sangat macet. Kira-kira panjang macetnya hampir 1km atau lebih malah. 

Jalan yang biasa saya lewati yang melintasi rel kereta api juga tergenang banjir, untung saja tidak macet, kalau sampai macet mau jadi apa sepatu saya.

Sampai di kantor sekitar jam 7.15. Karena sepatu saya kotor, saya langsung melepasnya dan menaruhnya di dekat tempat duduk saya, karena bang Gun sedang bersih-bersih jadi tidak enak kalau saya pakai sepatu yang kotor. Setelah itu saya duduk bersila di bangku lobby sambil membuka telegram dan email saya, seperti biasanya. Alhamulillah, ada balasan dari pak boss yang berisi materi Outline saya sudah di acc. Sangat lega rasanya karena tugas itu sudah di acc sama pak boss. Tapi tugas ini hanya permulaan, nanti pasti akan ada tugas yang lebih sulit lagi dari pak boss.

Ada juga telegram dari pak boss tentang koreksi artikel yang kemarin “Hari Ke-11 PKL“, koreksinya yaitu tentang kebiasaan buruk saya, typo, ya itu memang menjadi kebiasaan yang harus saya perbaiki. Saya harus segera menghilangkan kebiasaan buruk ini. Diteliti lagi sebelum di upload memang sudah benar, tapi saya saja yang kurang teliti.

Pak boss juga menyuruh saya untuk menambahkan sesuatu di blog saya. Yaitu menambahkan tentang metadata blog saya yang berisi tentang ringkasan apa saja yang saya tulis di blog ini. Langsung saja saya mengerjakannya. Pada saat pengerjaan, saya melihat lagi tampilan blog saya yang sepertinya belum terlalu bagus, saya teringat perkataan boss bahwa blognya orang IT itu harus simple. Saya pun sekalian mengubah tema blog saya. Saya browsing di web tentang tema blog yang bagus dan juga gratis tentunya (ora modal), hehe. 

Setelah saya browsing kesana kemari saya menemukan tema yang saya rasa cocok, temanya lumayan simple, tidak terlalu banyak warna, dan yang terpenting gratis. Segera saja saya langsung menerapkan tema itu ke blog saya. Karena pengalaman saya pada pemrograman HTML sangat kurang, saya kesulitan untuk mengubah beberapa fitur, yang saya bisa hanya mengubah nama menu-menu yang ada, tapi belum bisa mengisinya.

Sedang dalam pengerjaan, saya menerima telegram dari mas Andes kalau ada pesanan buku. Saya pun langsung meminta informasi pembelianya dan segera membungkus buku pesanan itu. Setelah saya membungkusnya saya kembali duduk, karena pengirimannya lewat sicepat jadi kurir yang akan mengambilnya, saya tidak perlu mengantar paketnya. 

Saya kembali melanjutkan lagi memperbaiki tampilan blog. Saya mencoba untuk mencari tahu cara untuk mengisi menu-menu di blog, setelah menemukan caranya saya langsung mencobanya. Cukup sulit bagi pemula untuk saya. Hasilnya, hanya satu menu yang bisa saya isi. Yaaa, mengingat ini baru pertama kalinya, jadi lumayan lah yaa. Note  dari pak boss pun juga sudah saya kerjakan. Sampai saya dipanggil mbak Rahmi seperti biasa, untuk menempelkan materai. 

Cukup banyak dokumen yang harus ditempelkan materai. Saya juga tidak mau terburu-buru, takut ada yang salah. Tapiii, memang saya ini ceroboh, karena kurang fokus, materainya ada yang salah saya tempelkan harusnya yang saya tempelkan yang dibawah satu juta ini malah diatas satu juta. Untung saja materainya belum terlalu menempel, jadi bisa saya ganti lagi.

Setelah selesai tugas dari mbak Rahmi, saya melanjutkan mengurus blog saya. Sampai waktunya untuk istirahat. Saya makan di warteg yang lumayan dekat dengan kantor. Setelah selesai makan saya kebali ke kantor dan istirahat sebentar karena jam istirahat belum habis. Jam istirahat telah selesai saya berniat untuk melanjutkan belajar Ansible Module. Saya terus mengulang materi ini karena saya belum terlalu banyak melakukan praktek, sedangkan command yang ada cukup banyak, dan lagi, 3 hari kemarin ketika saya belajar tentang Ansible Module waktunya selalu terbatas karena materi Outline yang masih belum di acc sama boss.

Tapi ada masalah yang tiba-tiba muncul. Kepala saya tiba-tiba sangat pusing, tidak tahu apa penyebabnya. Saya memutuskan untuk beristirahat sebentar sampai rasa pusingnya hilang. Setelah cukup mendingan saya memutuskan untuk menulis artikel harian saya saja. Karena percuma kalau belajar Ansible jika sedang pusing materinya jadi tidak ada yang nyantol. 

Selesai mebuat blog saya langsung menulis laporan yang akan saya kirimkan ke pak boss lewat email. 

Semua tugas sudah selesai, karena belum waktunya untuk pulang, saya membaca artikel salah satu tim yang berjudul “Mengaktifkan Dark Mode Pada Google Chrome“. Saya suka dengan tampilan yang gelap, karena enak pada saat dipakai untuk membaca. Karena artikelnya singkat jadi saya mencari artikel lain. 

Kali ini yang saya baca adalah “Pomodoro” Saya tertarik membaca karena judulnya, saya kira itu semacam daerah seperti Podomoro, ternyata bukan. Setelah membacanya saya menjadi tertarik untuk mencobanya, siapa tahu metode itu berhasil untuk saya. Saya ingin mencoba metode itu karena saya sering susah fokus ketika sedang bekerja.

Karena sudah waktunya untuk pulang saya pun segera untuk berkemas dan bersiap untuk pulang.

link terkait:
https://imanudin.com/

5 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *