Hari Ke-53 PKL: Briefing Online

Hari Rabu ini merupakan hari ke 53 saya PKL di Excellent. Tepatnya pada tanggal 18 Maret 2020. Hari ini masih seperti biasa, saya berangkat jam 7, di sepanjang jalan fokus ke depan, sampai di kantor sekitar jam 7.30 atau setengah delapan. Mas Irul sudah datang dan sedang sarapan di sofa depan. Saya langsung ke dalam melepaskan jaket saya, berdiri di depan AC untuk mengeringkan keringat, setelah itu melakukan kegiatan rutin setiap pagi, membantu bang Gunawan. 

Setelah kegiatan rutin itu selesai saya langsung duduk di tempat duduk saya, awalnya hanya membuka browser, tapi saya disuruh Bayu untuk membuatkannya bootable. Saya pun membuatkannya, dengan laptop saya dan juga flashdisk saya juga, kecuali file isonya, bayu yang download sendiri. 
Karyawan yang lainnya pun sudah mulai berdatangan, tak terkecuali mas Ridwan. Dia datang sambil berkata sesuatu, saat itu saya sedang fokus ke laptop saya, saya tidak tahu apa yang dikatakan mas Ridwan tadi. Bayu yang lebih dekat saja tidak tahu, jadi saya kembali fokus ke laptop saya. Harusnya saya tadi bertanya kembali kepada mas Ridwan, tapi saya saat itu mengira kalau itu hanya sekedar sapaan. 
Berlanjut, sampai mas Ridwan mendatangi kami lagi, dia melihat dan bertanya, “sudah siap?”. Saya pun bingung, sudah siap apa maksudnya. Dia pun kembali bertanya apakah sudah menginstall aplikasi zoom. Saya pun langsung tahu maksudnya, saya sudah membaca telegram di all Excellent, membahas soal briefing online menggunakan aplikasi zoom. Jadi mas Ridwan tadi menyuruh kami untuk menginstall zoom di laptop. Hmmmm, mas Ridwan pun kelihatan sedikit kesal dengan kami, dan memberikan sedikit nasehat, jika instruksi tidak jelas maka tanyakan lagi. 
Hasil gambar untuk zoom
Saya pun buru-buru menginstall aplikasi zoom tersebut. Buru-buru tapi laptop saya tidak bisa diajak kompromi, maunya lemot terus. Kali ini sambil diawasi mas Ridwan, hmmmm, semakin tidak fokus jadinya. 
Lamaaa sekali rasanya, padahal aplikasi itu lumayan kecil menurut saya. Installernya saja hanya 10mb, tapi laptop saya yang lemot. Padahal saat itu saya hanya membuka browser chrome, rufus, dan file manager. Itupun sudah sangat lemot sekali. 
Selesai, tinggal join ke room yang dibuat oleh pak boss. Tantangan lagi, harus membuka telegram karena link invitenya ada di group all. Saya klik aplikasi telegram, mungkin selang 2 baru terbuka aplikasinya. Setelah terbuka saya mengklik link invitenya, dan terulang lagi, selang kira-kira 2 menit baru terbuka lagi. Tapi terbuka ke browser lagi dan terbuka ke link download yang saya gunakan tadi, lahh. 
Saya pun membuka aplikasi zoomnya, saya klik join, lemot lagi. Setelah terbuka saya copas link itu ke aplikasi itu, link itu langsung berubah menjadi id roomnya, langsung saya klik join. Akhirnya bisa juga. 
Problem belum selesai, kali ini masalahnya adalah jaringan yang tidak stabil yang berakibat aplikasi itu reconnecting terus, bukan hanya saya yang mendapat masalah seperti itu, tapi hampir semua tim. Sampai tiba-tiba semuanya DC, tak terkecuali pak boss. 
Tak lama reconnecting kembali, pak boss pun bilang untuk menggunakan hotspot tetring. Saya segera menghidupkanya di HP saya, saya sudah mengira kalau bakal habisan data banyak. 
Briefing pun dimulai…
Lama sekali…
Selesai sekitar jam 10 kalau tidak salah, 
Tapi mengikuti briefing di Excellent itu selalu seru, tidak membosankan dan juga tidak terlalu tegang seperti yang saya pikirkan sebelum masuk PKL ke PT Excellent ini. 
Banyak yang dibicarakan, mulai dari rencana hari Jum’at itu sampai rencana work from home. 
Saya juga disebut ketika ada pekerjaan untuk mas Raihan, mengambil server diii…, dimana saya tidak tahu, yang jelas saya disuruh untuk menemani mas Raihan. 
Setelah briefing selesai saya langsung meremote Windows saya dan mulai bekerja, menulis buku. Oh yaa dan sekaigus melakukan praktek tentunya. 
Oh iya, saya setelah itu langsung mematikan hotspot saya, dan langsung mengecek habis berapa kuotanya. Saya pun bengong, melihat habisnya kuota yang saya gunakan hotspot tadi. Hampir 1 GB. Waawww, kalau work from home begini terus paketan saya bisa habis untuk mengikuti briefing saja. Ya sudah lah, itu urusan nanti. 
Saya menulis sampai waktu istirahat datang, Saya sudah memikirkan mau makan apa siang ini. Saya ingin makan ayam ippo saja, pengen soalnya. Saya pun langsung bergegas membeli ayam ippo itu. Di jalan saya sambil tengak tengok siapa tahu ada makanan lain yang bisa dicoba. 
Setelah membeli saya langsung kembali ke kantor dan segera makan siang bersama tim yang lain. Bayu masih dengan warteg tercintanya.
Setelah makan saya hanya beristirahat, sambil menonton youtube di HP. Merefresh pikiran, hehe.
Selesai istirahat saya langsung kembali menulis buku saya. Kali ini saya melist terlebih dahulu apa saja yang akan saya tulis baru saya praktekkan. Selama ini saya membaca dulu baru praktek baru ditulis, rasanya lama sekali. Jadi kalau sudah di list tinggal dipraktekkan, jika memang tidak bisa saya praktekkan baru saya hapus dari list, wkwk.
Saya menulis dan praktek sampai jam setengah 3. Baru setelah itu saya menulis artikel harian. Tidak ada tugas lagi dari tim yang lain, hmm.
Saya pun segera menulis artikel harian. Pada saat menulis pun tidak ada tugas dari tim lain. Jadi yaa saya berharap bisa selesai tepat waktu. 
Dan benar saja, sekitar jam 4.15 saya sudah selesai, tinggal menulis laporan untuk dikirimkan ke pak boss saja, setelah itu langsung pulang. 
Saya pun segera menulis laporan itu. Hanya sedikit laporan yang saya tulis, hanya ada 5 point. Biasanya bisa sampai 8 point. 
Setelah menulis laporan selesai saya langsung beres-beres, kebetulan juga sudah jam setengah 5, sudah saatnya untuk pulang. 
Saya bersalaman kepada seluruh tim, berpamitan untuk pulang dan langsung pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *