Outline Menurut Saya


Pertama kali saya disuruh pak boss untuk mempelajari tentang Outline, yang ada di pikiran saya adalah Outline yang ada pada pelajaran desain grafis saya pada saat kelas 10. Tapi setelah saya diberikan referensi bacaan tentang Outline, saya menjadi sedikit mengerti. Dan ternyata sangat jauh berbeda dengan apa yang saya pikirkan.

Setelah membaca beberapa referensi. Menurut saya, Outline merupakan sebuah rencana berbentuk daftar yang digunakan untuk membuat karya tulis menjadi lebih mudah dan terstruktur. 

Saya disuruh pak boss untuk membuat Outline tentang rencana belajar Ansible. Sebelum membuat Outline tentang itu, saya tidak tahu apa yang selanjutnya akan saya pelajari setelah selesai dengan materi sebelumnya. Setelah membuatnya saya sudah tidak terlalu bingung tentang itu dan saya mempunyai target untuk mempelajarinya. 

Outline yang saya buat itu juga bisa digunakan sebagai Outline buku, karena tidak jauh berbeda. Saya memang belum pernah menulis sebuah buku, tapi setidaknya saya dipermudah dengan menggunakan Outline. Menggunakan Outline untuk menulis buku bisa mempermudah dan mempercepat penulisannya, karena sudah mempunyai target dan tidak perlu memikirkan apa yang akan ditulis selanjutnya setelah materi dari bab sebelumnya selesai misalkan.

Boss menyuruh saya membuat Outline agar saya mempunyai target selama saya PKL di Excellent. Yang akan mempermudah saya dalam pembelajaran saya. Dan juga memberikan pengalaman terhadap saya jika merencanakan sesuatu itu penting sebelum melakukan sesuatu.

Kesimpulannya adalah, menggunakan Outline sangatlah penting dalam pembuatan sebuah karya tulis. Jika tidak menggunakannya mungkin akan membutuhkan waktu yang lama dalam proses pembuatan karya tulis tersebut. 

Membuat Outline hanya perlu menentukan apa yang akan ditulis dan dibuat per-bab secara urut dari yang termudah sampai yang tersulit. Dengan mengurutkannya, proses penulisan akan lebih efisien dan memudahkan pembaca untuk memahaminya.

Outline menurut saya bisa disebut juga sebagai daftar isi dari buku yang belum dibuat, jadi setelah buku tersebut selesai, daftar isi dari buku itu merupakan Outline yang digunakan tadi.

Outline pembelajaran sekaligus Outline buku saya:

Judul: Panduan Dasar Ansible


Kata Pengantar

Daftar Isi
Bab 1 Pengenalan Ansible
  1. Pengertian Ansible
  2. Cara Kerja Ansible
  3. Instalasi dan konfigurasi

Bab 2 Ansible Inventory
  1. Pengertian Ansible Inventory
  2. Pembuatan Inventory untuk Ansible
  3. Menggunakan Ansible Untuk Melakukan Tugas Sederhana

Bab 3 YAML
  1. Pengenalan
  2. Mengenal Format YAML
  3. Membuat Playbook Menggunakan YAML

Bab 4 Ansible Playbook
  1. Pengertian
  2. cara penggunaan playbook
  3. Menggunakan Playbook untuk Ansible

Bab 5 Ansible Modules
  1. Pengertian
  2. Menggunakan Module ke dalam Playbook

Bab 6 Ansible Variable
  1. Pengertian
  2. Menggunakan Variable ke dalam Playbook

Bab 7 Conditionals
  1. Pengertian
  2. Menggunakan Conditional ke dalam Playbook

Bab 8 Loops
  1. Pengertian
  2. Menggunakan Loop ke dalam Playbook

Bab 9 Ansible Roles
  1. Pengertian
  2. Cara Penggunaan

Daftar Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *