Hari Ke-14 PKL: Perbedaan

Gambar terkait


Hari ini, Kamis 23 Januari 2020 adalah hari ke-14 saya PKL di Excellent. Masih sama seperti hari biasanya, lalu lintas padat dan agak basah karena habis hujan. 


Sampai di kantor langsung saja saya melakukan hal yang biasa dilakukan, yaitu duduk di lobby sampai lumayan banyak karyawan yang datang. Mengecek media komunikasi, tidak ada apa-apa saya pun langsung melanjutkan pembelajaran saya. Kegiatan itu sudah menjadi kebiasaan saya setiap hari.

Setelah itu saya segera duduk di tempat duduk saya dan langsung melanjutkan pembelajaran saya tentang Ansible. Oh yaa, pak boss menyuruh saya untuk membaca sebuah artikel yang berjudul “Tips Membaca Artikel Bahasa Inggris“. Saya mengakui jika saya memang buruk dalam bahasa inggris. Saya pun membaca artikel itu. Saya mendapatkan beberapa tips dari artikel itu, yaitu dengan mencoba  untuk menerjemahkan dalam satu kalimat jangan per kata. Setelah membaca artikel itu saya mendapatkan beberapa tips dan langsung mempunyai target lagi untuk mempelajari bahasa inggris

Hari ini saya akan membuat artikel tutorial tentang Ansible Module, bukan hal yang mudah untuk membuatnya. Memang sudah banyak referensi yang diberikan, tapi saya belum terlalu paham. 

Pada saat pembuatan pak boss datang dan memberikan briefing. Selama briefing saya hanya memperhatikan. Selama briefing saya merasa bahwa perbedaan ilmu yang saya punya masih sangat jauh dibandingkan dengan apa yang sedang di bicarakan pak boss dan karyawan lain. Padahal saya merasa bahwa sudah banyak yang saya pelajari di sekolah. Tapi saat itu saya merasa bahwa itu tidak ada apa-apannya.

Setelah briefing selesai, saya langsung melanjutkan membuat artikel itu. Sampai akhirnya waktu istirahat datang. Saya baru sadar bahwa ada suatu barang yang sangat penting ketinggalan dirumah, dompet saya. Hmmm, padahal hari ini saya sedang tidak membawa bekal dan uang saya ada di dompet semua. Saya pun meminjam uang rekan saya untuk makan siang hari ini. Yaa agak tidak enak pas mau meminjam, tapi mau bagai mana lagi.

Setelah jam istirahat selesai saya langsung melanjutkan membuat artikel tutorial tentang Ansible Module tadi. Pada saat mengerjakannya ada telegram dari mbak Rahmi, saya disuruh untuk menempelkan materai. saya langsung mengerjakannya, cukup banyak juga dokumen yang harus ditempeli materai. Tugas mbak Rahmi selesai sekitar jam 2.30, dan saya langsung melanjutkan pembuatan artikel yang hampir jadi tersebut.

Setelah selesai, sekitar jam 3.30, karena tidak memungkinkan untuk membuat artikel harian, saya memutuskan untuk membaca artikelnya mas Dhenandi, kebetulan artikelnya juga bahasa inggris, jadi sekaligus mempraktekkan tips yang saya dapat dari blognya pak Vavai tadi. 

Artikelya sangat menarik menurut saya. Menceritakan tentang pengalaman mas Dhenandi sendiri ketika bergabung dalam grup OpenSUSE Indonesia, menceritakan pada saat mas Dhenandi menjadi panitia di acara OpenSUSE tersebut, namanya OpenSUSE Asia Summit. Pengalaman yang sangat menarik, bahkan mas Dhenandi sudah sampai ke Jepang untuk mengikuti acara itu.

Setelah membaca artikel itu, karena waktunya pulang sudah tiba saya langsung beres-beres dan persiapan untuk pulang. Tapi ada sedikit perasaan tidak enak karena karyawan yang lain belum ada yang pulang padahal sudah waktunya untuk pulang.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *