Hari Ketujuh PKL

Hari ini Selasa, 14 Januari 2020 saya berangkat dari rumah agak terlambat dari hari-hari sebelumnya. Saya berangkat kurang lebih jam 6.45. Di perjalanan seperti biasa sangat macet. Apalagi pas sampai penyebrangan rel kereta, hampir setengah jam saya disana terjebak macet. Dan kejadian yang kemarin terulang kembali, tetapi kali ini lebih menegangkan daripada yang kemarin karena saking padatnya kendaraan di situ. 


Sampai di kantor jam 7.30, 45 menit sampai di kantor, biasanya cuma 30 menitan. Sudah lumayan banyak karyawan yang datang. Baru saja masuk saya disuruh untuk membuang sampah ke depan. 

Setelah membuang sampah saya langsung duduk dan membuka email, ternyata ada balasan email dari pak boss yang isinya pesan terima kasih atas laporan kemarin. Terbesit dalam hati kata “tumben”, biasanya kan pak boss membalas email saya berisi kritikan tentang tulisan saya. 

Mengecek email sudah selesai, saya lagsung melanjutkan belajar tentang Ansible. Materi hari ini yaitu Ansible Module, Ansible Variable, dan Conditionals. 

Yang pertama Ansible Module. Ansible Module dikategorikan ke dalam berbagai kelompok berdasarkan fungsinya. Contohnya module yang ada di kelompok sistem berisikan perintah yang harus dilakukan pada tingkat sistem seperti memodifikasi pengguna dan grup pada sistem, memodifikasi IP table, konfigurasi firewall pada sistem, dll.

Berikutnya Ansible Variable. Variable di Ansible sama seperti variabel bahasa scripting atau bahasa pemrograman lain yang digunakan untuk menyimpan nilai yang bervariasi dengan item yang berbeda.

Yang terakhir yaitu Conditional. Conditional berfungsi untuk melakukan perintah di playbook berdasarkan kondisi yang sudah ditentukan. Contohnya ketika akan menginstall paket nginx di dua targer server,  distro OS nya berbeda yang satu Debian yang satunya RedHat misalkan. Untuk menginstall paket, Debian menggunakan perintah apt sedangkan untuk RedHat menggunakan perintah yum. Kita tidak perlu menggunakan dua Playbook untuk mengeksekusi perintah tersebut. Tuliskan saja skript yaml untuk melakukan perintah tersebut dan pada bagian terakhir ditambahkan dengan skript when. Itu berfungsi untuk menentukan kondisi apa yang harus dipenuhi ketika akan melakukan perintah yang sudah di tulis. Contoh penulisannya 
Untuk bagian debian when: ansible_os_family == “Debian”
Untuk bagian RedHat when: ansible_os_family == “RedHat”

Gambar contoh penulisan conditional

Hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang apa yang saya pelajari hari ini. Saya juga belum melakukan praktek dan belum terlalu memahami materi ini. 

Pukul 11.00 pada saat saya sedang belajar, saya disuruh mbak Rahmi untuk menempelkan materai. Ini pertama kali saya disuruh untuk melakukan pekerjaan itu. Saya berusaha sangat berhati-hati agar tidak sampai terjadi kesalahan. Dan hasilnya pun baik, tidak ada komentar dari mbak Rahmi. Selanjutnya saya disuruh untuk menstempel materai yang sudah saya tempel tadi. Pertama mbak Rahmi menunjukkan bagaimana cara untuk melakukannya, cukup mudah menurut saya. Setelah tugas dari mbak Rahmi selesai, mbak rahmi menyuruh untuk mengembalikan barang-barang yang sudah di pakai ke tempatnya semula, agar rapi katanya. 

Tugas dari mbak Rahmi selesai saya melanjutkan belajarnya. Saya belajar sampai jam 02.00. 

Selesai belajar saya langsung menulis artikel harian saya pada blog. Saya menulis blog pada jam 2 karena saya tidak ingin terburu-buru pada saat menulisnya, dan saya ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Menulis blog sudah selesai, saya lanjutkan dengan menulis laporan di zimbra mail kepada boss Vavai.

Setelah selesai semua, saya segera beres-beres dan persiapan untuk pulang. 

Karena jam masih menunjukkan pukul 4.30, saya membaca-baca artikel yang diberikan mas Ridwan ke saya. Saya membaca artikelnya mbak Fitra Syaharani, menurut saya artikelnya sangat bagus dan ada bagian yang lucu menurut saya. Pak boss di salah satu artikelnya juga merekomendasikan untuk membaca salah satu artikelnya mbak Fitra.

Jam sudah menunjukkan pukul 4.30, itu tandanya waktunya untuk pulang…

Link blog boss Vavai: https://www.vavai.com/
Link blog mbak fitria: https://syaharani.web.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *